Monday 31 October 2016

BUKU BELAJAR KEYBOARD CEMPAKA NADA


EDISI TERBARU Kini telah terbit solusi terkini. Buku Tehnik Cepat Belajar Keyboard. Dari awal/ nol pengelanan musik keybord dan piano sampai tingkat profesional sudah terangkum dalam satu buah buku. Music adalah Hitungan seperti layaknya matematika. layaknya semakin baik pondasi dasar notasi bermusik maka semakin baik pula bermain musik kita. Belajar bermain music adalah mudah jika kita telah menguasai rumus-rumusnya secara tepat. 

Kami Cempaka Nada Entertainment,
Telah menerbitkan sebuah Buku berjudul: Tekhnic Cepat Belajar Keyboard
Buku ini sangat Praktis bagi Pemula maupun untuk tingkat lanjut dan sangat baik untuk referensi bagi siapapun yang ingin belajar bermusik dan mendalami  bermain Keyboard dan piano. Berisikan tentang Metode Praktis Dasar Piano/ Keyboard. Buku Aslinya lebih tebal dari gambar display nya. Berisikan sekitar kurang lebih terdiri dari 300 halaman.

Dikemas secara padat, Aplikatif , dan mudah dimengerti. Buku ini hanya di khususkan sebagai Souvenir bagi pemusik dan hanya untuk kalangan khusus pencinta music piano atau keyboard. Justru kami sarankan  Jika anda sudah mempunyai buku ini anda tidak perlu lagi membeli buku lain karena isi buku ini sangat praktis dan sangat komplit. Yang mana teori pembelajaran tersebut belum tentu bisa anda dapatkan di buku terbitan gramedia atau jenis buku umum lainnya.

Keunggulan buku ini dilengkapi dengan teori atau rumus- rumus tehnic bermain music traditional (contenporer),  rumus-rumus bermain diatonik mayor dan minor (music modern).  Rumus-rumus adalah hitungan seperti layaknya matematika, yang jarang anda temui  dalam teori  pembelajaran  music pada umumnya. Buku ini sangat praktis dan komplit dilengkapi latihan penjarian yang benar, latihan dasar membaca Not balok, Tehnik bermain Blues, Jazz, peloq (music java), slendro (music mandarin) , tabulasi slowrock, pop, dan banyak lagi lainya, Inversi, harmonisasi melodi, diperkuat dengan latihan improvisasi, latihan main Chord /kunci nada dan beberapa contoh Repertoir 
kumpulan lagu pop Indonesia, barat, latin, lagu anak-anak, mandarin, berbagai daerah, batak, menado, ambon, sunda, jawa, kroncong, dll dan Chord/ kunci-kunci keyboard terlengkap untuk digunakan sebagai pengiring. Sehingga kami jamin setelah mempelajari buku ini Anda akan lebih mudah memainkan piano/ keyboard serta mampu mengiringi penyanyi secara langsung.

BUKU TEHNIK CEPAT BELAJAR KEYBOARD
(Komplit dengan Repertoir dan Chord Keyboard)

  • EDISI TERBARU 
  • Penjarian pada Keyboard  
  • Tabel Symbol Not Balok  
  • Rumus-Rumus Chord  
  • Kunci-Kunci/ Chord  
  • Repertoir (Kumpulan lagu-lagu berserta chordnya)   
  • Bonus Chord/ Kunci-kunci keyboard
 Harga  Rp 600.000,-
(untuk kalangan terbatas).



BUKU LAGU KERONCONG KOMPLIT
(Komplit dengan notasi angka)  
Music kroncong adalah music asli Indonesia yang berasal dari portugis. Tata cara bermain music kroncong adalah kreatifitas yang khas. Diantara berbagai macam jenis type kroncong yang biasa oleh kalangan pemusik kroncong disebut sebagai pakem-pakem atau aturan dalam bermain music kroncong diantaranya: Kroncong asli, kroncong stambul, kroncong langgam, kroncong tugu dll. Kami Cempaka Nada ikut serta berkontribusi dalam berbagi Sovenir dengan membuat buku kroncong tersebut. Buku kroncong ini terdiri dari 260 buah lagu keroncong disertai dengan not angka sehingga memudahkan dalam memberikan intro music pada awal lagu maupun melodi pada tengah lagu. Smoga bermanfaat khususnya untuk pencinta music kroncong pada umumnya.

















Harga  Rp 600.000,-
(untuk kalangan terbatas).

REPERTOIR 
(Koleksi Pop Indonesia dan Tembang kenangan)
Bagi Anda yang gemar bernyanyi sangat tepat sekali jika Anda mempunyai koleksi perbendaharaan lagu-lagu untuk latihan bernyanyi. Kami Cempaka Nada memberikan solusi kumpulan Repertoir lagu-lagu Tembang kenangn dan Pop Indonesia Hits populer terbaru yang dapat anda gunakan sebagai latihan untuk perbendaharaan lagu-lagu band kawula muda pada umumnya. Serta untuk para bapak-bapak dan ibu-ibu yang menyukai lagu-lagu tembang kenangan sangat tepat jika mempunyai buku iniBuku ini kurang lebih terdiri dari 400 halaman. Besar harapan kami, Smoga bermanfaat untuk latihan bernyayi.
















Harga  Rp 600.000,-
(untuk kalangan terbatas).

REPERTOIR 
(Collections Lagu Standart Oldies Barat)
Bagi Anda yang gemar bernyanyi lagu-lagu Standar barat, Kami Cempaka Nada memberikan solusi Collections lagu-lagu standar yang biasa digunakan oleh home band diberbagai hotel-hotel dan cafe-cefe yang mensajikan lagu-lagu standar pada umumnya. Jika Anda penggemar lagu-lagu barat lawas sangat tepat jika anda mempunyai buku ini. Buku lagu-lagu ini sangat langka di pasaran toko buku pada umumnya karna hanya diperuntukkan sebagai sovenir dan pegangan pemusik lagu-lagu Standar pengiring  di era tahun 60 an sampai dengan tahun 90 an. Untuk para bapak-bapak dan ibu-ibu yang menyukai lagu-lagu oldies atau kenangan baratsangat tepat jika mempunyai buku iniBuku ini kurang lebih terdiri dari 300 halaman. Besar harapan kami, Smoga bermanfaat untuk latihan bernyayi.
















Harga  Rp 600.000,-
(untuk kalangan terbatas).

Bagi Anda yang berminat untuk mendapatkan buku ini, Anda dapat datang langsung ke Alamat kami Cempaka Nada Entertainment. Jalan Biduri Bulan V Ujung. No 24 (Taman Pirus - Sumur Batu) Kemayoran Jakarta Pusat. Atau Hubungi Kami di 
PIN BB : C3MPAKA  Phone : /  WA 08978204744  /081387375570

Sunday 30 October 2016

LES VOKAL CEMPAKA NADA


Rahasia utama seorang penyanyi adalah penggunaan Tehnik Pernafasan yang benar dalam bernyanyi, Pita suara yang tebal serta tenggorokan yang luwes. Penyanyi adalah Atlet Suara. Dan performance penyanyi harus Keren Dimata Audiens. karnanya Kami Wajib membentuk Warna dan Karakter dengan perbedaan masing masing Vokal. Kami Kursus Vokal Cempaka Nada memberikan Solusi Pelatihan dan pembentukan Tehnik vokal yang benar. Dalam olah Vokal kami, Selama Proses pembentukan Power Suara dan penebalan pita suara, kami harapkan dalam dua sampai tiga bulan pertama, anggota kursus vokal diharapkan datang tepat waktu dan rajin menerapkan latihan lagi dirumah dengan methode  yang akan kami terapkan agar kwalitas vokal terbentuk menjadi baik dengan pita suara yang semakin menebal dan kuat. Dalam Pembentukan Latih vokal Kami, anggota kursus vokal akan melewati penarikan vokal dari nada ter-rendah hingga nada yang ter-tinggi/ Solfegio Vokallizing dengan bertahap sesuai kemampuan masing-masing anggota  dan akan kami Cek smua  Materi Vokal secara detail, baik performance, meliputi karakter vokal, kwalitas vokal, range vokal, notasi vokal, power vokal, warna Vokal, kejernihan Vokal, Vibrasi, harmonisasi lagu, Dinamika lagu, maupun (penempatan cengkok, Gregel jika Genre Dangdut) dll. karena dalam proses latih vokal yang salah akan berdampak kerusakan pada pita suara. Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam bernyanyi yakni PENJIWAAN, TEHNIK VOKAL, TEHNIK PANGGUNG (BLOCKING STAGE). Diharapkan dalam pelatihan Vokal kami membawa Hp untuk rekam suara agar tahu perbedaan sebelum dan sesudah kami latih suara berubah Total.

Cempaka Nada menyediakan wadah bagi para pemula yang tidak dibatasi oleh usia dari usia 5 tahun (anak- anak) hingga dewasa dan orang tua. Bagi yang ingin melatih suara agar dapat bernyanyi dengan baik dan benar lewat kursus vokal kami. Tidak ada kata terlambat untuk memulai kursus vokal. Kami para pelatih vokal siap membantu juga vokal anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua yang masih ragu dalam bernyanyi / ragu mengeluarkan suara emasnya ataupun ingin sekedar menyalurkan hobby karaoke perorangan atau berkelompok. Mengasah Perbendaharaan Lagu Anda dapat berlatih bersama kami dengan berbagai jenis musik dan lagu dengan di iringi alunan irama music piano/ keyboard tunggal, agar dapat bernyanyi yang baik dan benar di sebuah acara kantor maupun di tempat event lainnya. 

Dan juga bagi para remaja yang ingin membentuk sebuah grup Band sangat tepat jika anda mengikuti Proses latihan ditempat kami. Kami siap membantu dan mengarahkan menurut Genre masing-masing Group Band tersebut. Kami memberikan Solusi penerapan pembelajaran yang mudah dipahami dengan tepat dan benar setelah anda mengikuti pelatihan dengan menggunakan methode kami.  Kelebihan pelatihan vokal kami dari kursus vokal  yang lain adalah diajarkan langsung oleh Pelatih Vokal Profesional kami di dasari dari, pernafasan diagfragma,  tehnik pengambilan suara Vokal not (Solfegio Vokal Lizing) yang terendah sampai vokal not yang tertinggi. Power suara yang bulat, pict control, Dinamika dan harmonisasi lagu. Penguasaan  tehnik vokal meliputi penjiwaan, seriosa, artikulasi, vibrasi, staccato, dll, serta penguasaan tehnik panggung/ blocking panggung yang benar dan performance. 

Kami juga melatih Vokal khususnya untuk yang ingin mengikuti Festifal di di station TV dan berbagai tempat lainya lagu-lagu Daerah Campur Sari, Keroncong, Dangdut cara penggunaan dinamika, cengkok, vibrasi, Rall, sangat dibutuhkan bagi penyanyi Profesional maupun Tradisional.

Kami bekerjasama dengan pelatih vokal berpengalaman dari Sarjana Music S1 (IKIP), Serta Pembimbing yang tergabung dari berbagai tempat terkemuka di Indonesia. pemenang tarung dangdut di MNC TV, serta juara krocong se- jakarta dan pemenang campur sari sejawa, Yayasan Music Indonesia, dan berbagai sumber lainnya dan terbuka berbagi pengalaman dalam dunia Entertainment. Sehingga dijamin pasti Anda dapat bernyanyi dengan baik dan benar serta menguasai ketepatan notasi music setelah mengikuti kursus vokal kami. Disini kami juga menyediakan dan menjual Buku lagu-lagu terlengkap untuk berlatih vokal atau bernyanyi.

PEMBERITAHUAN:
JIKA WARGA NEGARA INDONESIA YANG BERADA DILUAR DAERAH ATAU NEGARA TETANGGA KOREA, AMSTERDAM, MALAYSIA, ARAB SAUDI, DLL. BISA BERKESEMPATAN MENGIKUTI PELATIHAN TEHNIK VOKAL VIA VIDEO CALL. UNTUK KONFIRMASI SEBELUMNYA JADWAL LATIHAN DISESUAIKAN DENGAN WAKTU NEGARA SETEMPAT DENGAN WAKTU KAMI INDONESIA. TERIMA KASIH.

PEMBENTUKAN LATIHAN VOKAL KAMI: 

A. PERNAPASAN
B. MEMBENTUK SUARA
C. RESONANSI ( Menggemakan suara )
D. VOCAL & KONSONAN
E. INTONASI ( melafalkan nada dengan tepat )
F. ARTIKULASI ( Pengucapan yang benar & Jelas )
G. FRASERING ( melafalkan kalimat dengan utuh )
H. INTERPRETASI & EKSPRESI ( Memahami & Menjiwai )

TAHAP AWAL (Dasar)
Pengenalan pernafasan, Artikulasi, Membaca notasi, Felling notasi, Tempo, Dinamika, Rithme, Phrasering, Pembentukan range vokal, Resonansi vokal, Pengenalan beat dan birama 4/4  ¾  2/4, Pembentukan suara seriosa, Staccato, Latihan berbagai macam lagu traditional, pop, barat, Ekspresi lagu.

TAHAP LANJUTAN (Performance)
Latihan Breath Control (pernafasan), Latihan Artikulasi (pengucapan), Tehnik suara, Latihan Sikap Badan, Resonansi, Vibrato, improvisasi, Intonasi, Latihan pitch kontrol, Phrasering, Tempo, Dinamika, rithme, Staccato, Semi Staccato, Range vokal, Tehnik, Penggunaan mic, Soul (penjiwaan), Performance/ Tehnik panggung, Komunikasi Audience.

BIAYA TEHNIK VOKAL :

Persyaratan untuk mengikuti kursus vokal di Cempaka Nada Entertainment :
  • BUKA SETIAP HARI JAM 11.00 PAGI  s/d  21.00 WIB.
  • Paket Biaya kursus vokal sebesar Rp. 600.000,-/ Untuk 4 Jam.
  • UNTUK JADWAL/ WAKTU KURSUS KAMI BISA FLEKSIBEL
  • Untuk kursus Vokal sebulan 4X pertemuan selama 45 menit.
  • Sanggup mengikuti latihan dengan tekun dan serius.
  • Datang tepat waktu. 




"Tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang sudah menguasai berbagai jenis lagu dan dapat bernyanyi dengan tehnik yang benar serta menguasai panggung akan kami salurkan untuk setiap event kami"
 
 
( Teras bersama )


( Bernyanyi bersama TAHUN 2007 )

EVENT PENJURIAN GKJ
Cempaka nada turut serta menjadi juri finalis Singing and Dancin. bekerjasama dengan ICCA. God Tallent Indonesia. yang diadakan di Gedung kesenian jakarta.

KURSUS VOKAL BERBAGAI USIA :
ANAK-ANAK REMAJA DEWASA DAN ORANG TUA










 





Kursus Vokal Dewasa 



Pita Suara

Pita suara adalah 2 buah pita otot elastis yang terletak di laring ( kotak suara ), tepat dia atas trake ( saluran udara. Pita suara menghasilkan suara jika udara yang tertahan di paru-paru dilepaskan dan melewati pita suara yang menutup sehingga pita suara bergetar. Jika kita tidak sedang berbicara, pita suara terpisah satu sama lain sehingga kita bisa bernafas.

Pita suara yang normal dapat bergerak membuka dan menutup, serta bergetar dengan baik. Bila kita dalam keadaan bernafas, pita suara akan membuka / memisah, dan udara yang kita hirup lewat hidung atau mulut akan masuk ke saluran yang ada di bawah pita suara menuju ke paru-paru. Dan bila kita berbicara, maka pita suara akan menutup dan bergetar.

Selain pita suara, otot leher juga sangat berpengaruh dalam menghasilkan suara. Bila Anda mencoba bernyanyi dengan nada tinggi, semakin tinggi nada yang Anda capai, maka semakin mengecil otot leher Anda dan pita suara akan bergetar makin kencang. Dan jika Anda memaksa meraih nada tinggi, akan menyebabkan otot leher mengecil dan mencekik epiglotis (tulang rawan yang dibungkus otot) yang ada di depan pita suara. Hal ini dapat membahayakan kesehatan pita suara dan otot leher Anda, oleh karena itu leher Anda akan terasa capek.

Lain halnya dengan nada rendah, otot leher akan meregang ke bentuk yang paling besar. Pita suara akan bergetar dengan pelan. Setiap orang memiliki otot leher dengan kemampuan fleksibilitas yang berbeda-beda.   Penyanyi-penyanyi yang dengan mudahnya menjangkau nada-nada tinggi, memiliki otot leher yang elastis dan pita suara yang prima. Untuk melatih kemampuan pita suara dan otot leher, dapat dengan cara solmisasi, melafalkan do-re-mi-fa-so-la-si-do berulang-ulang dari nada rendah ke nada tinggi. Atau besenandung ringan secara benar. Bila Anda bercita-cita sebagai penyanyi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan guru vokal saja.


Teknik Olah Vokal
PITA SUARA LUWES
Syarat mutlak bernyanyi adalah pita suara dan tenggorokan yang luwes. Karena itu, perlu pemanasan atau vokalisi setiap kali belatih atau sebelum naik ke panggung. Latihan dimulai dengan suara lembut. Tenggorokan jangan tegang.

SIKAP MULUT
Jangan segan membuka mulut. Jangan takut wajah dan mulut Anda jelek dilihat orang lain. Posisi mulut yang wajar, tidak dibuat-buat. Bibir sebaiknya membentuk corong ala trompet, tapi tetap luwes.

Rahang bawah perlu dibuka tutup secara luwes, khususnya sewaktu membawakan nada-nada tinggi. Ini menghindari suara "terjepit".

Lidah bersikap luwes, tidak kaku.

ARTIKULASI VOKAL (HURUF HIDUP)
Lima huruf hidup alias vokal (a, i, u, e, o) harus dilatih terus-menerus pengucapannya. Mulut dibuka lebar agar semua vokal tedengar jelas.

MERAWAT PITA SUARA
1. Jangan memaksakan diri menyanyikan nada tinggi-nada tinggi yang belum dikuasai. Pita suara bisa aus.

2. Jangan minum es sebelum dan sesudah latihan atau hari yang sangat panas. Minuman yang terlalu panas pun tidak dianjurkan. Nortier Simanungkalit, bapak paduan suara, juga melarang penyanyi seriosa dan paduan suara menghindari wedang jahe.

3. Jangan memaksakan diri menyanyi ketika sedang sakit, batuk, pilek.

4. Hindari makanan berminyak, pedas, 3-4 jam sebelum menyanyi. Akan lebih afdal jika penyanyi profesional tidak minum kopi, alkohol, dan merokok. Sebab, hal ini sangat mempengaruhi pernapasan.

5. Biasakan minum segelas air putih ketika bangun tidur dan senam pagi sambil menghirup udara bersih sebanyak-banyaknya.

6. Istirahat cukup. Tidak dianjurkan bergadang.

7. Jangan menyanyi dalam keadaan perut kosong atau terlalu kenyang. Ini mempengaruhi rongga perut, diafragma, dan kualitas pernapasan.

8. Menyanyi dengan gembira, tidak tegang. Jangan bernyanyi hanya dengan suara, tapi juga wajah Anda. Ekspresi atau penghayatan lagu mutlak perlu.

MENGGUNAKAN MIKROFON (MIKE)
1. Jaga jarak dengan mulut. Sekitar 20 cm dengan sudut 45 derajat. Jarak usahakan selalu sama. Ketika nada tinggi, jauhkan mikrofon agar volume suara yang terdengar tidak terlalu keras.

2. Benyanyi dengan suara sedang. Fungsi mikrofon untuk mengeraskan suara. Maka, Anda tidak perlu habis-habisan mengeluarkan suara. Suara terlalu keras akan berubah menjadi pecah dan tajam.

3. Jangan mengambil napas yang dalam ke arah mikrofon. Sebab, suara napas Anda akan terekam mikrofon yang sangat peka.

4. Rekam dan dengarkan suara Anda sendiri sebagai bahan evaluasi.


 Menyanyi
Menyanyi adalah suatu kegiatan mengeluarkan bunyi-bunyian dengan frekuensi-frekuensi tertentu yang harmonis dan memiliki arti tertentu dan biasanya berfungsi kearah yang lebih positif bagi manusia. Dalam menyanyi ada dua hal yang paling penting. Yaitu teknik dasar dan penyampaian. Keduanya ini saling berkaitan erat dan tidak boleh ada satupun yang terbengkalai. Keduanya harus diperhatikan sangat saat bernyanyi. Kedua poin penting tersebut juga memiliki beberapa hal yang kalau di-break down akan menjadi seperti berikut:

Teknik Dasar Bernyanyi

Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan untuk bagian ini, yaitu:
  1.  Pernafasan
  2. Placement penempatan resonansi suara 
  3. Penggunaan Register






Pernafasan
Ada tiga pernafasan yang kita kenal pernafasan dada, pernafasan perut, pernafasan diafragma. Pernafasan yang dipakai saat bernyanyi adalah jenis pernafasan yang terakhir; pernafasan diafragma. Ketiga pernafasan di atas memiliki cirri-ciri khusus untuk mengenalnya:
Pernafasan dada: saat menarik nafas dada terangkat. Pernafasan ini tidak dipakai saat bernyanyi karena udara yang didapatkan terlalu sedikit.
Pernafasan perut: saat menarik nafas perut menjadi besar. Pernafasan ini juga terlalu sedikit.
Pernafasan diafragma: saat bernafas seluruh lingkar diafragma membengkak. Udara masuk tidak hanya dari hidung melainkan juga dari mulut. Lingkar diafragma terletak sedikit di atas perut sampai dengan ke bagian belakang badan.

Placement (penempatan resonansi suara) 

Saat udara dari pernafasan diafragma ditembakkan, maka udara tersebut akan menggetarkan pita suara dan mengeluarkan bunyi. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan seorang penyanyi adalah menempatkan udara yang baru saja di-tembakkan tadi ke daerah resonansi yang benar. Daerah yang dimaksud terletak di seantero tengkorak manusia.



Terdapat beberapa ruang resonansi di tengkorak manusia. Sekitar hidung, rahang bawah, rahang atas, sekitar tulang baji, tengkorak belakang. Daerah resonansi yang benar adalah sekitar tulang baji, didepan, ke atas sedikit dari titik antara dua mata. Jikalau salah penempatan maka suara yang diproduksi juga akan salah, seperti pada orang kebanyakan.
Placement sekitar hidung mengakibatkan suara hidung.
Placement sekitar rahang bawah mengakibatkan suara rahang.
Placement ditengkorak bagian belakang mengakibatkan suara yang mendam dibelakang.

Pemakaian register
Pada tubuh manusia sudah terdapat 3 register yang dapat dipakai untuk menyanyi. Penggunaan register yang tepat mutlak dibutuhkan agar seorang penyanyi tidak kesulitan saat membunyikan nada.
Register Bawah atau Register Dada. Register yang dipakai saat mencapai nada-nada rendah. Register ini dipakai dengan cara menekan dan mengembangkan bagian dada saat bernyanyi. Register ini membuat nada-nada rendah menjadi lebih besar, hangat dan mudah digapai.
Register Tengah. Register ini otomatis terpakai saat seseorang bernyanyi. Tidak perlu ada usaha tertentu untuk menggunakan register ini.
Register Atas atau Register Kepala adalah register yang harus dipakai saat menggapai nada-nada tinggi, atau tinggi sekali. Register ini digunakan dengan cara merelaksasi seluruh komponen pembentuk suara sehingga suara seolah-olah loss ke kepala. Suara yang terproduksi saat menggunakan register atas biasa disebut Falseto. Jenis suara ini jika didukung dengan pernafasan (support) yang sangat kuat maka akan menjadi semi falsetto yang sangat indah.

Penyampaian
Penyampaian merupakan hal utama dari menyanyi setelah teknik dasar. Setelah teknik dasar dikuasai maka langkah selanjutnya adalah penyampaian. Singing is about Giving. Menyanyi tidak berhenti pada masalah vokal dan teknik saja, tetapi hal yang lebih penting adalah “untuk apa kita menyanyi”. Kalau kita tidak memiliki tujuan untuk menyanyi, mungkin lebih baik kita tidak usah menyanyi. Apalagi kalau harus perform di depan banyak orang, harus ada sesuatu yang disampaikan kepada audiens. Penyanyi-penyanyi besar adalah    penyanyi yang mampu menguasai bagian ini. Jikalau seorang penyanyi tidak mampu menguasai bagian ini, dia hanya tertinggal sebagai pelatih vokal saja.

Jenis Musik 
Untuk menyampaikan apa yang kita maksud banyak jenis musik yang dapat digunakan. Jazz, Country, Rock, R&B, Pop, Swing, Latin dsb. ataupun perpaduan dari jenis-jenis musik tersebut. Pemilihan jenis  yang tepat membantu kita menyampaikan pesan. Misalnya untuk lagu-lagu tentang seducing, kita dapat menggunakan irama Latin-Jazz, sementara untuk lagu have fun kita dapat menggunakan jenis R&B.

Interpretasi Lagu
Seorang penyanyi harus tahu betul arti lagu yang akan dibawakannya. Sebaiknya seorang penyanyi mengadakan penelitian kecil terhadap lagu yang akan dibawakan. Mulai dari siapa penciptanya, untuk apa lagu itu diciptakan, tahun berapa lagu tersebut diciptakan, ciri apa yang menjadi kekhasan jaman itu, bahkan sampai mendengar cara orang lain membawakan lagu yang sama. Pada intinya seorang penyanyi harus mampu berbicara lewat lagu yang akan dibawakan. Harus ada dinamika seperti saat seseorang mendongeng, marah-marah, menasehati, dll. seperti orang bercakap-cakap.

Efek Vokal
Menyanyi tidak melulu harus menggunakan teknik yang benar. Kadang-kadang teknik yang sedikit menyimpang dapat digunakan untuk menambah efek suara yang diinginkan. Contohnya pada penyanyi-penyanyi kulit hitam biasa digunakan teknik suara seperti be-riak untuk menambah efek emosi sedang marah.

Improvisasi
Atau penggunaaan nada-nada yang tidak biasa atau tidak normal dibanding harga yang tertulis. Biasanya ini dilakukan untuk menarik perhatian audiens maupun membuktikan kualitas musikalitas seseorang. Hal ini juga dapat sangat membantu seorang penyanyi untuk menyampaikan pesan kepada audiens.

"Music was created for the thirsty soul… The soul of human being.
Thanks God you ever created it".


Jika Anda berminat mengikuti kursus vokal, silahkan datang ke alamat kami di :
Jalan Biduri Bulan V Ujung No 24.(Taman pirus - Sumur Batu) Kemayoran Jakarta Pusat.  atau hubungi kami di PIN BB: C3MPAKA  phone:  WA 08978204744.